Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Menggunakan Model Pembelajaran Teaching at The Right Level (TaRL)

Dita Nur Rahmawati, Ika Rike Agustin, Idam Ragil Widianto Atmojo, Harni Harni

Abstract

Proses pembelajaran yang  memandang sama rata kemampuan peserta didik akan berdampak pada hasil belajar peserta didik sehingga perlu untuk dapat menciptakan pembelajaran yang memfasilitasi semua kemampuan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model TaRL dalam mata pelajaran matematika materi pecahan sederhana kelas V SDN Jajar Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Jajar Surakarta yang berjumlah 14 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Tes dilakukan sebanyak 3 kali yakni 1 tes awal, dan 2 kali tes untuk menilai peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TaRL mampu meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik pada materi pecahan sederhana yang dibuktikan dengan adanya peningkatan presentase ketuntasan dari 57% menjadi 71%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah belajar melalui model TaRL dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.

Keywords

Model TaRL, Matematika, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.