Analisis Profil Siswa Terhadap Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar
Abstract
Pembelajaran sains bukan hanya menekankan kepada penguasaan produk saja, tetapi juga pada penguasaan keterampilan proses serta sikap ilmiah, maka dari itu setiap sekolah hendaknya menekankan keterampilan proses sains diantaranya observasi, inferensi, pengukuran, mengkomunikasikan, mengklasifikasikan dan prediksi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis profil siswa terhadap indikator-indikator keterampilan proses sains dalam pembelajaran IPA bagi siswa kelas 2 sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu teknik penilaian observasi pembelajaran dan wawancara terhadap guru serta siswa. Teknik analisis data mengguanakan alur dari Miles dan Hubermen (1992) yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian yang telah dilakukan menghasilkan datar hasil observasi profil siswa terhadap keterampilan proses sains menunjukkan sebagian besar siswa kelas 2 dalam tahap berkembang. Jadi, keterampilan proses sains di sekolah dasar yang masih rendah harus ditingkatkan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran IPA khususnya meningkatkan keterampilan proses sains pada siswa.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.