Application of Problem Based Learning Model to Improve Motivation in Learning Natural and Social Sciences (IPAS) of Grade IV Students at SDTQ Al Abidin Surakarta

Dharma Ridho Pangestu, Athas Jatipramono, Karimah Nur Azizah, Moh Salimi, Siti Nurhayati

Abstract

Pendidikan penting untuk memajukan sumber daya manusia suatu negara, namun masih ada hambatan dalam pendidikan yang dibahas dalam penulisan artikel ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV SDTQ Al Abidin Surakarta. Motivasi belajar yang rendah di kalangan peserta didik diduga disebabkan oleh metode pengajaran yang monoton. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik, dari kategori "Sedang" dengan skor rata-rata 70,67 pada siklus I menjadi "Tinggi" dengan skor rata-rata 81,54 pada siklus II. PBL tidak hanya meningkatkan motivasi belajar tetapi juga mendorong peserta didik untuk lebih aktif, kreatif, dan bertanggung jawab dalam proses pembelajaran. Hasil ini menunjukkan bahwa PBL efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan bermakna, sehingga diharapkan dapat menjadi model pembelajaran yang diterapkan di sekolah lain untuk meningkatkan motivasi dan kualitas belajar peserta didik.

Keywords

Problem Based Learning, Motivasi Belajar, IPAS, dan Model Pembelajaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.