Penerapan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pembelajaran IPAS Peserta Didik Kelas IV

Dewi Mulyani, Pranita Marta Dinata, Kartika Chrysti Suryandari, Atika Santi Rosana

Abstract

Motivasi belajar menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar peserta didik karena hal tersebut dapat mendorong semangat peserta didik dalam mengikuti proses belajar mengajar. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar pembelajaran IPAS dengan menerapkan media monopoli pada peserta didik kelas IV SDN Dukuhan Kerten Surakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV B yang berjumlah 24 peserta didik yang terdiri dari 7 perempuan dan 17 laki-laki. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam empat siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS dengan menggunakan media monopoli menunjukkan peningkatan. Peningkatan tersebut dari siklus I = 62,18%, siklus II = 68,75%, siklus III = 76,73%, dan siklus IV = 85,79%. Kesimpulan penelitian ini, terlihat dari sikap dan perilaku yang lebih baik sehingga penerapan media monopoli efektif meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV pada pembelajaran IPAS SDN Dukuhan Kerten.

Keywords

IPAS, Media Monopoli, Motivasi Belajar kunci

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.