Pengembangan Modul Ajar Berbasis CTL dengan Berbantuan Big Book Untuk Meningkatkan Literasi Finansial Peserta Didik Fase B

Devi Aulia Oktaviani, Babang Robandi, Mubarok Somantri

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penerapan program literasi finansial secara optimal dan belum adanya modul ajar yang khusus berfokus pada program tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan desain awal, menilai kelayakan, dan mengevaluasi hasil dari pengembangan modul ajar berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) yang bertujuan untuk meningkatkan literasi finansial peserta didik Fase B. Metode yang digunakan adalah Design and Development (D&D) dengan model ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). Hasil penilaian dari ahli desain, materi, dan pembelajaran menunjukkan skor rata-rata sebesar 98,75%, yang termasuk dalam kategori sangat layak. Setelah modul ajar diuji coba pada peserta didik Fase B dengan menggunakan pre-test dan post-test, nilai rata-rata peserta meningkat dari 65 menjadi 86,36. Selain itu, uji N-gain menunjukkan hasil rata-rata 0,61, yang tergolong dalam kategori sedang. Oleh karena itu, modul ajar berbasis CTL ini dinyatakan layak untuk digunakan dan efektif dalam meningkatkan literasi finansial peserta didik Fase B.

Keywords

modul ajar, contextual teaching and learning, literasi finansial

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.