Aplikasi ‘Colere’ Sebagai Media Untuk Meningkatkan Literasi Budaya Dan Kewarganegaraan Peserta Didik Fase C Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pendalaman terkait budaya dan minimnya media dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar Fase C terkait Literasi budaya dan kewarganegaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan aplikasi Colere guna untuk meningkatkan Literasi budaya dan kewarganegaraan. Metode penelitian yang digunakan yaitu Design and Development (D&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluate). Hasil validasi skor rata - rata aplikasi Colere dari ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran yaitu 95.7% dengan kategori sangat baik. Hasil implementasi aplikasi Colere kepada peserta didik fase C menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada nilai pre – test dan post – test dari rata – rata 54 menjadi 82. Selain itu, peneliti melakukan uji N-Gain dengan rata – rata 0.6 yang termasuk pada kategori sedang. Dengan demikian, aplikasi ini layak digunakan dan dapat meningkatkan literasi budaya dan kewarganegaraan peserta didik Fase C.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.