Peran Media Pembelajaran Intraktif dalam Mendorong Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 7A SMP Ar-Roudloh Karangtanjung Alian Kebumen

Atikah Wulandari, Nisa Amalia, Chaidar Wisnu Aji Saputra, Mukhammad Abizdar Syah, Siti Asiyah, Siti Fatimah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 7A pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Ar-Roudloh Karangtanjung Alian. Media pembelajaran interaktif yang digunakan meliputi video pembelajaran dan platform e-learing yang dirancang untuk menfasilitasi interaksi antara siswa dan materi pembelajaran. Metode penelitian kuantitatif yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan melibatkan 30 siswa sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner motivasi belajar dan wawancara dengan guru mata pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif secara signifikan meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Siswa lebih aktif dalam mengikuti pelajaran, lebih antusias dalam menyelesaikan tugas dan menunjukkan peningkatan dalam pemahaman materi Pendidikan Agama Islam serta memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan menarik bagi siswa. Dengan demikian, penerapan media pembelajaran interaktif di kelas 7A SMP Ar-Roudloh Karangtanjung Alian terbukti efektif dalam mendorong motivasi belajar siswa dan dapat direkomendasikan sebagai salah satu strategi pembelajaran inovatif di sekolah.

Keywords

Media pembelajaran interaktif, motivasi belajar siswa, video pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.