Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar pada Siswa Kelas IV SDICT Al Abidin Surakarta

Aulia Rahmawati, Mellinia Puspita Sari, Matsuri Matsuri

Abstract

Penelitian Tindakan kelas ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar peserta didik dalam mata Pelajaran matematika tentang bangun datar. Hal ini disebabkan oleh kurang keberagaman model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-B SDICT Al Abidin Surakarta. Penelitian ini dilakukan menurut model Kemmis & Taggart. Proses pembelajaran berlangsung dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari teknik tes dan nontes. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata persentase ketuntasan belajar data pra-siklus mencapai 21%, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 50%, pada data siklus II mencapai 75%. Berlandaskan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SDICT Al Abidin Surakarta.

Keywords

hasil belajar, matematika, problem-based learning.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.