Implementasi Pembelajaran Keberagaman Budaya dengan Menerapkan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan Lapbook

Astuti Yuniati, Mintasih Indriayu

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran keberagaman budaya menggunakan model PjBL berbantuan Lapbook. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan analisis isi dokumen. Sedangkan analisis data menggunakan pengumpulan, reduksi, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Pengambilan sampel dilaksanakan dengan teknik purposive sampling. Pesertanya adalah peserta didik pada salah satu SD negeri di Klaten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran keberagaman budaya dilaksanakan dengan membuat modul ajar menggunakan model PjBL dengan proyek berupa Lapbook. Penerapan pembelajaran keberagaman budaya dilaksanakan dengan pembuatan proyek Lapbook keberagaman budaya dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar. Penilaian pembelajaran keberagaman budaya dilakukan dengan penilaian autentik. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran keberagaman budaya diimplementasikan dengan menerapkan sintaks PjBL berbantuan lapbook dengan memperhatikan penilaian portofolio, penilaian kinerja, penilaian tes serta penilaian proyek.

Keywords

Keberagaman Budaya, Project Based Learning (PjBL), Lapbook

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.