Analisis Gaya Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Materi Peristiwa Proklamasi Kelas V

Arifatul Falasif Salsabila, Rokhmaniyah Rokhmaniyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya mengajar guru di kelas V dan hubungan gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa materi Peristiwa proklamasi kelas V SD. Metode yang digunakan pada peneliti adalah Kualitatif Deskripsi. Subjek yang diteliti yaitu guru dan siswa kelas V SD Negeri 2 Sinungrejo. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles&Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan data dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) gaya mengajar yang digunakan guru yaitu gaya mengajar interaksional, (2) gaya mengajar guru berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada materi peristiwa proklamasi kelas V, gaya mengajar guru yang menarik dapat menumbuhkan motivasi siswa pada pembelajaran IPS materi Peristiwa Proklamasi, motivasi siswa kelas V tergolong cukup baik siswa bersungguh-sungguh saat mengikuti pembelajaran dan bersemangat saat proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa memiliki kaitan yang signifikan di tandai dengan proses interaksi antara guru dan siswa selama pembelajaran, guru dan siswa memiliki peran penting didalam pembelajaran.

Keywords

Gaya mengajar, Guru, Motivasi, Siswa, Interaksional

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.