The Effectiveness of Using Merdeka Mengajar Platform (PMM) for Improving Teacher Competence in Merdeka Curriculum

Annisa Itsna Nur’aini, Fahmi Muafa Rusydi, Kuni Faizatun

Abstract

Platform Merdeka Mengajar sebagai sebuah platform yang digunakan guru untuk meningkatkan kompetensi dengan memanfaatkan berbagai fitur. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk peningkatan kompetensi guru pada Kurikulum Merdeka bagi guru sekolah dasar di zaman sekarang. Metode yang digunakan adalah deskriptif yang mendeskripsikan fenomena secara faktual, akurat, dan juga sistematis melalui peristiwa yang terjadi sebenarnya. Metode yang digunakan untuk menyusun artikel ini menggunakan studi literatur kepustakaan dengan membandingkan hasil review berbagai referensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Platform Merdeka Mengajar mampu meningkatkan suatu kompetensi yang dimiliki guru di sekolah dasar. PMM mengimplementasikan Kurikulum Merdeka untuk semakin merdeka dalam belajar. Kesimpulannya melalui PMM mampu meningkatkan kompetensi guru pada Kurikulum Merdeka sehingga pembelajaran yang dilaksanakan dapat berjalan dengan maksimal.

Keywords

Platform Merdeka Mengajar, Kompetensi Guru, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.