Analisis Model Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial pada Pembelajaran IPS

Anisa Kholifah Nurhasanah, Murwani Dewi Wijayanti

Abstract

Keterampilan sosial dalam pembelajaran IPS masih kurang dari kata optimal. Hal ini karena pendidik masih belum maksimal dalam menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Indikator keterampilan sosial seperti bekerja sama, berkomunikasi, menerima pendapat teman, mengutarakan pendapat pribadi, dan lain sebagainya. Adapun tujuan penelitian ini, yaitu menganalisis model pembelajaran berupa ada atau tidaknya pengaruh model Contextual Teaching and Learning terhadap keterampilan sosial siswa pada pembelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review, yaitu mengambil berbagai teori dari penelitian yang telah dilakukan pada jurnal-jurnal sebelumnya dan menarik kesimpulan berdasarkan jurnal-jurnal tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model Contextual Teaching and Learning efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial pada pembelajaran IPS. Simpulan dari penelitian ini adalah model CTL sangat relevan untuk diterapkan dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa sekolah dasar pada pembelajaran IPS.

Keywords

Contextual Teaching and Learning, Keterampilan Sosial, IPS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.