Analysis of Teacher Skills Improvement in Making E-LKPD Through Liveworksheet Training in SDN 2 Kertodeso

Ahsina Sabri, Ariana Diah, Audri Aulia, Muhammad Chamdani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keterampilan guru dalam pembuatan E-LKPD melalui pelatihan Live Worksheet di SDN 2 Kertodeso. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yakni SDN 2 Kertodeso yang merupakan salah satu SD Negeri di Kabupaten Kebumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, studi observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah dengan analisis menggunakan analisis data model Miles and Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru meningkat cukup baik setelah mengikuti pelatihan Live Worksheet. Guru mulai mengintegrasikan penggunaan teknologi berbasis web dalam pengerjaan LKPD untuk menunjang tercapainya kompetensi abad 21. Selain itu, dengan adanya pelatihan ini membawa sekolah menuju kearah digitalisasi yang menuntut guru dan siswa terampil dalam memanfaatkan teknologi.

Keywords

Keterampilan guru, Pelatihan, E-LKPD

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.