Developing The Teaching Quality of Dorowati Elementary School Teachers to Adapt The Learning Needs of Children with Special Needs

Ahmad Zuhdi, Cintya Maharani Puteri, Desti Nadifahasna, Dinanti Kasih Widiati

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa dengan kebutuhan khusus di sekolah dasar. Tantangan yang dihadapi oleh guru dalam menyesuaikan metode pengajaran mereka untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa dengan berbagai kondisi spesial adalah latar belakang penelitian ini. Tujuan penelitian adalah untuk menemukan metode yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran agar lebih sesuai dengan kebutuhan belajar anak berkebutuhan khusus. Dalam penelitian ini, pelatihan guru, wawancara, dan observasi digunakan, selain evaluasi berkelanjutan proses dan hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengajaran yang disesuaikan, seperti penggunaan media visual dan pendekatan pengajaran individual, secara signifikan meningkatkan keterlibatan dan prestasi siswa dengan kebutuhan khusus. Penelitian ini mencapai kesimpulan bahwa pengembangan kualitas pengajaran yang terintegrasi dan dengan mengutamakan kebutuhan unik siswa, kualitas pendidikan dan hasil belajar anak-anak dengan kebutuhan khusus di SD N Dorowati dapat ditingkatkan.

Keywords

pengembangan kualitas pengajaran, guru SD, kebutuhan belajar, anak berkebutuhan khusus

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.