Analisis Pemahaman Guru terhadap Keterampilan Proses dan Pemahaman Konsep pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar

Afra Nabila Azzahra, Kartika Chrysti Suryandari

Abstract

Pada pembelajaran IPA KPS dan pemahaman konsep penting dimiliki siswa, sehingga guru harus memiliki pemahaman terhadap aspek KPS dan pemahaman konsep IPA untuk dapat mengarahkan, mengembangkan, dan menciptakan suasana ilmiah di kelas dengan hakikat sains. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman guru terhadap keterampilan proses dan pemahaman konsep dalam pembelajaran IPA di SD. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan responden guru SDN 2 Jatisari. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan pada KPS guru sudah memahami sebagaian besar aspeknya yaitu mengamati, mengklasifikasikan, menyimpulkan, mengkomunikasikan, dan memprediksi serta pada pemahaman konsep IPA guru juga sudah memahami sebagian besar aspeknya yaitu memberi contoh, mengklasifikasikan, merangkum, menyimpulkan, membandingkan, dan menjelaskan. Sebagian besar guru telah memiliki pemahaman terhadap KPS dan pemahaman konsep IPA yang baik serta aspek KPS dan pemahaman konsep IPA telah diterapkan dengan baik, namun perlu terus dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Keywords

IPA; Keterampilan Proses Sains; Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.