Penerapan PBL dengan Media Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Suku Kata Bahasa Indonesia Kelas 1A SDN Pasar Kliwon Surakarta 2023/2024

Abifa Mahaba Zahra, Anggityas Tiarawati, Moh Salimi, Faridatul Akaddiyah

Abstract

Bahasa merupakan komponen fundamental bagi perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik, sehingga penting untuk diterapkan di semua jenjang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas satu SD Negeri Pasarkliwon pada tahun ajaran 2023/2024 melalui pendekatan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Penelitian ini melibatkan seorang guru dan 25 siswa kelas satu (11 laki-laki dan 14 perempuan). Data dikumpulkan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif, meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi, serta divalidasi melalui triangulasi. Analisis dilakukan dalam tiga tahap: reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kinerja siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, dengan hasil belajar meningkat dari 56% pada Siklus I menjadi 88% pada Siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan media Wordwall efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas satu SD Negeri Pasarkliwon.

Keywords

Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL), Word Wall, Hasil Pembelajaran, Sekolah Dasar Kelas Satu, Penelitian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.