Kaitan Metode Praktikum Sederhana Pada Materi Laju Reaksi Dengan Rasa Jenuh Peserta Didik Dalam Menentukan Orde Reaksi

Wulan Herawati Putri, Sri Mulyanti

Abstract

Rasa jenuh yang dialami peserta didik perlu diatasi dengan menggunakan metode pembelajaran dimana peserta didik berperan aktif dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran yang biasa digunakan guru pada materi laju reaksi, serta respon peserta didik ketika menggunakan metode pembelajaran tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode survei dan wawancara. Hasilnya, berdasarkan wawancara pada materi laju reaksi sebagian besar guru masih menggunakan metode konvensional, lebih dari 64% peserta didik setuju bahwa materi kimia merupakan materi yang sulit, lebih dari 55% peserta didik setuju materi laju reaksi merupakan sub bab yang sulit, lebih dari 59% peserta didik merasa jenuh ketika pembelajaran secara konvensional berlangsung, lebih dari 68% peserta didik beranggapan praktikum laju reaksi hanya digunakan untuk menentukan faktor laju, dan lebih dari 50% peserta didik tertarik untuk melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode praktikum sederhana. Berdasarkan hasil penelitian metode pembelajaran sangat berpengaruh terhadap peran aktif peserta didik dalam belajar serta pemilihan metode pembelajaran yang tidak sesuai dapat mengakibatkan rasa jenuh yang dialami peserta didik.

Keywords

reaction order, practicum, saturation

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.