Implementation of Psychological Perspectives in Supporting Differentiated Instructional among Performing Arts Education Students

Nur Arif Anandhita

Abstract

Perspektif psikologi dapat menjadi salah satu pendekatan yang efektif dalam mendukung implementasi differentiated instructional pada peserta didik. Dengan adanya penerapan perspektif psikologi, pembelajaran pada sebuah kelas dapat dilakukan diferensiasi sesuai dengan kebutuhan setiap peserta didik. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi perspektif psikologi dalam pembelajaran berdiferensiasi serta menguji tingkat efektivitasnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian gabungan antara kualitatif deskriptif serta metode penelitian komparatif. Rancangan pembelajaran tersebut didasarkan pada tiga perspektif psikologi yaitu perspektif kognitif, perspektif intelegensi ganda, serta perspektif preferensi/gaya belajar dalam mendukung penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Implementasi rancangan pembelajaran tersebut dikuatkan dengan efektivitas pembelajaran yang ditunjukkan dengan perbedaan yang signifikan dilihat dari nilai Sig sebesar 0.000 yang lebih kecil dari 0.05. Hal tersebut juga didukung dengan perhitungan mean pada penerapan strategi pembelajaran yang baru sebesar 88.78 lebih besar dari strategi pembelajaran yang lama dengan nilai sebesar 81.09. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan adanya implementasi perspektif psikologi dalam pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan hasil belajar.

Keywords

pembelajaran, diferensiasi, perspektif, psikologi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.