Implementasi Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran IPA Kelas VI di SD Kristen Widya Wacana Jamsaren Surakarta

Winarni Winarni

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning pada pembelajaran IPA kelas VI di SD Kristen Widya Wacana Jamsaren Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SD Kristen Widya Wacana Jamsaren. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan, pertama reduksi data, kedua penyajian data, ketiga menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model project based learning pada pembelajaran IPA di SD Kristen Widya Wacana Jamsaren dilaksanakan dengan menggunakan dua tahap yaitu: (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pengimplementasian model project based learning pada pembelajaran IPA kelas VI Sekolah Dasar SD Kristen Widya Wacana Jamsaren merupakan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru, sehingga menciptakan pembelajaran yang menarik dalam pembelajaran

Keywords

Model Project Based Learning; Pembelajaran IPA.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.