Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaian Soal-Soal Materi SPLDV Melalui Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya Bagi Siswa Kelas 2 Sd N 03 Lalung Semester 1 Th 2023/2024

Sri Sartini

Abstract

Dalam pembelajaran Sistem Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Matematika siswa kelas 2 SD Negeri 03 Lalung masih banyak yang di bawah KKM (KKM 65) terutama dalam menyelesaikan soal-soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas siswa kelas 2 SD Negeri 03 Lalung tahun pelajaran 2023/2024 dalam menyelesaikan soal-soal pada materi pokok SPLDV melalui   implementasi pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya. Subyek penelitian adalah siswa kelas 2 SD Negeri 03 Lalung jumlah 40 anak, seorang guru Matematika dan seorang pengamat. Data yang dikumpulkan meliputi hasil belajar siswa, hasil observasi guru, hasil observasi siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus meliputi 4(empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 85% siswa memperoleh nilai ≥ 6 5. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 62,50% dengan nilai rata-rata 67,13 dan pada siklus II sebesar 87,50% dengan nilai rata-rata 77,88 (2) Skor aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70% dan pada siklus II sebesar 82,50%. Dari data tersebut di atas jelas menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar belum sesuai harapan yang berarti indikator keberhasilan belum tereapai sedangkan pada siklus II hasil belajar sudah sesuai harapan yang berarti indikator keberhasilan sudah tercapai.

Keywords

tutor sebaya, konsep, sistem persamaan linier dua variabel

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.