Peningkatan Hasil Belajar Tematik Kelas V Melalui Problem Based Learning di SD Kanisius Keprabon 02
Abstract
Kelas IV SD Kanisius Keprabon 02 Surakarta diketahui masih banyak peserta didik memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal 75. Untuk menyelesaikan masalah tersebut peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan Penelitian untuk mendeskripsikan aktivitas peserta didik dan peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penggunaan model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas peserta didik pada siklus I yaitu 70,89% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 87,47% dengan kategori baik sekali, (2) Ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I yaitu 53,33% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 86,66%. Berdasarkan data tersebut maka model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD Kanisius Keprabon 02 Surakarta
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.