Meningkatkan Hasil Belajar Pengambilan Keputusan Bersama Melalui Metode Bermain Peran Dengan Model Pembelajaran PBL Siswa Kelas V SDIU AL KHOIR

Saki Saki

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Meningkatkan hasil belajar Pengambilan keputusan bersama melalui metode bermain peran dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) siswa kelas V SDIU AL KHOIR Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus, dengan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Tahapan setiap siklusnya adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Setiap pertemuan dilakukan pre test dan post test untuk mengetahui perkembangan peserta didik. Pada siklus I peserta didik yang tuntas setelah melaksanakan post test sebesar 69%. Pada siklus II peserta didik yang tuntas setelah melaksanakan post test sebesar 96%. Hasil ini menunjukkan bahwa metode bermain peran dengan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya mapel PKn Kelas V di SDIU AL KHOIR SURAKARTA

Keywords

Hasil belajar, metode bermain peran, Problem Based Learning, PKn

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.