Penerapan Pembelajaran Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI

Gatot Suherman

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mupel IPA di sekolah dasar kelas VI dengan model pembelajaran Based Learning (PBL). Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 2 siklus, dengan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Tahapan setiap siklusnya adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Setiap pertemuan dilakukan pre test dan post test untuk mengetahui perkembangan peserta didik. Pada siklus I peserta didik yang tuntas setelah melaksanakan post test sebesar 65%. Pada siklus II peserta didik yang tuntas setelah melaksanakan post test sebesar 75%.Hasil ini menunjukan bahwa model pembelajaran Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya mupel IPA Kelas VI di SD Muhammadiyah 24 Gajahan.

Keywords

Hasil belajar, Problem Based Learning, IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.