Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI pada Materi Bangun Ruang

Dewi Arina Nur Amilia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Muhammadiyah 24 Gajahan melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas VI SD Muhammadiyah 24 Gajahan dengan jumlah 20 siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dua siklus. Teknik pengujiannya melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi yang digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 65% dengan rata-rata kelas 68 dan indeks keberhasilan kurang dari 75%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 75% dengan rata-rata 78 dan indeks keberhasilan sudah 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VI SD Muhammadiyah 24 Gajahan.

Keywords

problem based learning, matematika, bangun ruang

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.