Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SD

Budianto Budianto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SDN 07 Setawar Kecamatan Sekadau Hulu Kabupaten Sekadau dengan model Problem Based Learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas 4 berjumblah 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika materi bangun datar. Hasil sebelum dilakukan tindakan yaitu pada pra siklus hanya 7 siswa atau 70% yang tuntas, pada siklus I 80%yang tuntas dan pada siklus II 90% siswa tuntas. Penelitian ini dikatakan berhasil karena mencapai indikator kinerja yaitu ≥ 90% dari seluruh siswa dengan KKM ≥ 80.

Keywords

Hasil belajar, Project Based Learning, Matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.