Peningkatan Hasil Belajar PKn melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas VI SD Negeri 09 Singkam

Refka Fitria

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn melalui metode Problem Based Learning pada siswa kelas VI SD Negeri 09 Singkam Semester I tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian dilaksanakan selama 1 bulan yaitu bulan September 2020 sampai dengan bulan Oktober 2020. Subjek dalam penelitian adalah proses dan hasil belajar PKn pada siswa kelas VI SD Negeri 09 Singkam, Kecamatan Belitang Hulu semester I tahun pelajaran 2020/2021 yang terdiri atas 15 siswa yaitu 8 laki-laki dan 7 perempuan.  Analisis data, data kualitatif hasil pengamatan proses belajar dianalisis menggunakan analisis diskriptif kualitatif dengan membandingkan siklus I dengan siklus II, sedangkan data yang berupa angka (data kuantitatif) dari hasil belajar siswa dianalisis menggunakan deskriftif komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes siklus I dan nilai tes siklus II, kemudian direfleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi hasil belajar PKn pada siswa Kelas VI SD Negeri 09 Singkam, Kecamatan Belitang HuluSemester I tahun pelajaran 2020/2021. Proses belajar PKn materi Proses Perumusan Pancasila dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan: hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan, yaitu dari 9 siswa (60%) yang mendapat nilai tuntas menjadi 14 siswa (93,33%). Terjadi peningkatan sebanyak 5 siswa (33,33%) dan nilai rata-rata kelas dari 77,8 menjadi 83,5 meningkat sebesar 5,7.

Keywords

hasil belajar PKn, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.