Peningkatan Kemampuan Memahami dan Menggunakan Sifat-Sifat Operasi Bilangan Melalui Metode Investigasi Matematika

Ulin Nada

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pesereta didik dalam memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi bilangan dalam pemecahan masalah melalui metode investigasi pada siswa kelas IV SD Ta’mirul Islam Surakarta tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Pada penelitian ini peserta didik diarahkan dan dibimbing dalam menggunakan sifat-sifat operasi bilangan dengan pendekatan investigasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan peserta didik dalam memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi bilangan dalam pemecahan masalah yang signifikan, hal ini dibuktikan dengan peningkatan persentase indikator hasil belajar matematika dari observasi. Dari hasil observasi setiap siklus meningkat, yaitu pada siklus 1 keberhasilan hasil belajar peserta didik terdapat 70% dengan kriteria “sedang” dan siklus 2 keberhasilan hasil belajar peserta didik mencapai 90% dengan kriteria “sangat tinggi”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode investigasi dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam belajar matematika siswa kelas IV SD Ta’mirul Islam Surakarrta.

Keywords

operasi hitung, investigasi, matematika.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.