Model Problem Based Learning Berbantuan Media Power Point dan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Peserta Didik Kelas VI SDN 05 Matesih

Churyani Wastiti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan motivasi belajar IPA pada peserta didik kelas VI SD Negeri 05 Matesih. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD Negeri 05 Matesih dengan subyek penelitian peserta didik kelas VI. Model yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes pengetahuan, angket aktivitas peserta didik, angket respon peserta didik terhadap proses pembelajaran dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran IPA pada materi ciri khusus makhluk hidup dapat meningkatkan keaktifan belajar memiliki rerata skor sebesar 75% ( baik ) serta hasil belajar IPA dengan tingkat ketuntasan 83,3% pada Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75.

Keywords

Keaktifan, problem based learning, penelitian tindakan kelas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.