Peningkatan Hasil Belajar IPA Kelas 4 Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

Ema Sevtyaningsih

Abstract

Artikel ini sebagai kajian literature review bertujuan mengetahui keterkaitan problem based learning dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas 4. Pada saat ini, kegiatan belajar mengajar masih banyak yang menggunakan model konvensional. Selain itu, model pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran kurang menarik & bervariatif, sehingga siswa merasa bosan dan kurang semangat dalam belajar. Siswa sendiri bersikap pasif, hanya menerima informasi yang disampaikan oleh guru. Proses pembelajaran IPA di sekolah dasar perlu adanya interaksi yang aktif dan bermakna antara guru dan siswa. Untuk dapat menciptakan proses pembelajaran yang aktif, guru perlu meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran, salah satunya dengan mengadakan variasi dalam mengajar agar tercipta proses pembelajaran yang aktif dan menyenangkan sehingga hasil belajar IPA siswa dapat meningkat. Salah satunya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan dari penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning adalah siswa diharapkan mampu berfikir kritis untuk menyelesaikan masalah yang disajikan. Dari beberapa kajian literatur ini dapat ditemukan bahwa rata- rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkat. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 4.

Keywords

Hasil Belajar, Problem Based Learning, IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.