Increasing Interest and Learning Outcomes in Mathematical Building Materials Using Demonstration Methods in Learning Simulation Videos in Class VI Students

Dewi Susanti

Abstract

Penelitian perbaikan pembelajaran ini dilatar belakangi adanya masalah berupa rendahnya minat dan hasil belajar matematika dikarenakan penggunaan metode konvensional yang tidak menarik bagi siswa. Dari  studi pendahuluan didapatkan data bahwa  siswa yang menjadi objek penelitian memiliki  minat belajar matematika dengan kriteria rendah atau dengan persentase 49,6% dan  ketuntasan hasil belajar matematika 64,29% belum mencapai KKM. Nilai rata-rata kelas mencapai 61,67. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika dengan penerapan metode demonstrasi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VI A SD Muhammadiyah 8 Surakarta dengan jumlah 28 siswa yang terdiri dari 14 laki-laki dan 14 perempuan. Pelaksanaan penelitian perbaikan pembelajaran ini terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahap berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi di tiap siklus. Pada siklus 1 didapatkan hasil belajar matematika siswa meningkat dengan ketuntasan siswa 53,57% dan nilai rata-rata kelas 68,57. Persentase minat belajar siswa juga meningkat menjadi 60,7% atau kriteria sedang. Setelah dilakukan refleksi dan perbaikan pembelajaran pada siklus 2 didapatkan hasil ketuntasan siswa 92,85% dan nilai rata-rata kelas 78,21.Persentase minat belajar siswa juga mengalami peningkatan menjadi 71,1% atau kriteria minat belajar yang tinggi. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode demonstrasi mampu meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa pada materi lingkaran.

Keywords

minat belajar, hasil belajar, metode demonstrasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.