Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Penggunaan Media Peta Cerdas pada Peserta Didik Kelas V SDN 01 Sidomukti

Lestari Lestari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan penggunaan media peta cerdas pada peserta didik kelas V SDN 01 Sidomukti. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tinakan kelas. Desain penelitian ini menggunakan modifikasi model Kemmis & McTaggart dalam 2 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD N 01 Sidomukti yang berjumlah 35 peserta didik. Objek penelitian adalah meningkatkan hasil belajar IPS melalui media peta cerdas. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang  diperoleh sebelum dan setelah menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan hasil tes yang diperoleh. Sebelum diterapkannya media peta cerdas sebanyak 6 peserta didik (17,1%) tuntas dan 29 peserta didik (82,9%) belum tuntas dengan rata-rata perolehan nilai sebesar 64,80. Hasil tes setelah diterapkan media peta cerdas pada siklus I diperoleh sebanyak 13 peserta didik (37,1%) tuntas dan 22 peserta didik (62,9%) belum tuntas nilai rata-rata 67,77.  Kemudian pada hasil tes siklus II menunjukkan 31 peserta didik (88,5%) tuntas dan 4 peserta didik (11,5%) belum tuntas dengan nilai rata-rata siklus II yaitu 72,57.

Keywords

hasil belajar, IPS, media peta cerdas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.