Application of Inquiry-Based Learning to Improve Learning Outcomes for Prospective Science Teacher Students

Yulianti Yusal, Atika Anggraini

Abstract

Hakikat sains yang mencakup produk, proses, dan sikap ilmiah dimuat dalam inquiry-based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah inquiry-based learning dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa calon guru IPA. Penelitian ini menggunakan metode one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan pada salah satu perguruan tinggi negeri di Jawa Timur. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa calon guru IPA yang berjumlah 40 orang yang terdiri dari 5 laki-laki dan 35 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes hasil belajar aspek kognitif tentang materi perubahwan wujud zat yang berjumlah 20 soal dalam bentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa pada pretest yaitu 16,85 dan meningkat menjadi 18,72 pada posttest. Jumlah mahasiswa yang mengalami peningkatan hasil belajar pada kategori sedang yaitu 77,5 %. Hasil analisis rata-rata N-gain yaitu 0,43 yang juga menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar mahasiswa berada pada kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan inquiry-based learning dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa calon guru IPA.

Keywords

inquiry-based learning, learning outcomes, prospective science teacher students

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.