Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Media Kartu Kata Bergambar Siswa Kelas I Sekolah Dasar

Widarti Widarti

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 sekolah dasar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan metode pembelajaran Struktural Analitik dan Sintetik (SAS). Kemampuan membaca permulaan merupakan suatu hal yang sangat penting terhadap kemampuan membaca siswa selanjutnya, sehingga membaca pada siswa kelas I perlu mendapatkan bimbingan dan perhatian yang intensif dari guru. Tahap pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus,    yang pada setiap siklusnya diadakan dua pertemuan. Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan kartu kata ini diharapkan siswa kelas 1 akan lebih mudah untuk belajar membaca permulaan. Tahapan setiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan ketuntasan klasikal siswa sebesar 30%, siklus I dengan ketuntasan klasikal sebesar 60 %, dan siklus II dengan ketuntasan klasikal sebesar 80%, dari hasil ini dapat membuktikan bahwa dengan penggunaan  metode pembelajaran Struktural Analitik dan Sintetik (SAS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca permulaan Kelas I di SDN 03 Sidomukti, Kecamatan Jenawi, kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2022/2023.

Keywords

Membaca Permulaan, Kartu Kata Bergambar, Bahasa Indonesia.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.