Implementation Of Project-Based Learning In Elementary Schools

Supriyanti Supriyanti

Abstract

Pendidikan berbasis proyek (Project-Based Learning/PBL) merupakan pendekatan pembelajaran yang sedang berkembang pesat. Artikel ini melakukan tinjauan literatur terhadap berbagai konsep, studi empiris, dan pemikiran para praktisi terkemuka terkait PBL. Pelbagai definisi dan prinsip dasar PBL dikemukakan untuk memberikan pemahaman konsep dasar. Kemudian, strategi desain proyek dan peran siswa serta guru dalam PBL dijelaskan berdasarkan literatur. Studi empiris yang menunjukkan dampak positif PBL terhadap motivasi, keterlibatan, serta hasil belajar siswa ditinjau secara mendalam. Tantangan penerapan PBL dan strategi pengembangannya juga dibahas berdasarkan kajian terkini. Secara keseluruhan, tinjauan literatur ini mendeskripsikan paradigma baru dalam PBL serta implikasinya bagi inovasi pembelajaran di masa depan. Dengan merangkum pemikiran para praktisi dan temuan riset empiris, artikel ini diharapkan dapat menginspirasi penerapan PBL yang lebih efektif.

Keywords

Pendidikan berbasis proyek, pendidikan, inovasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.