Pemanfaatan Media Lingkungan Sekitar Untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 01 Mojoroto Tahun Ajaran 2021/2022

Sri Mardani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik pada saat proses pembelajaran dengan menggunakan media alternatif. Salah satu cara yang dapat ditempuh oleh guru adalah dengan menggunakan media lingkungan sekitar dalam pembelajaran. Penggunaan media yang tepat dalam proses belajar mengajar akan menjadikan suasana belajar yang menyenangkan. Seorang guru diharapkan dapat memberikan pengajaran yang mudah dipahami oleh peserta didik. Kenyataan di lapangan, masih terdapat guru yang belum tepat dalam menggunakan media pembelajaran dan kurang memanfaatkan media yang ada di lingkungan sekolah. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data tentang kegiatan pembelajaran diperoleh dari pengamatan guru dalam mengelola pembelajaran dan hasil tes belajar peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media lingkungan sekitar pada siklus I dengan nilai rata-rata 70. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 83. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan media lingkungan sekitar berdampak positif jika di gunakan pada pembelajaran dan dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 01 Mojoroto meningkat

Keywords

Media lingkungan sekitar, Prestasi, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.