Penerapan Model Belajar The Power Of Two Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Tentang Mengidentivikasi Nilai Nilai Pancasila Dalam Mengambil Keputusan Bersama Pada Peserta Didik Kelas V Semester 2 SD Negeri 01 Bandardawung Tahun Pelajaran 2021/2022

Sarmini Sarmini

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 01 Bandardawung. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester 2 SD Negeri 01 Bandardawung, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar melalui penerapan model the power of two dalam pembelajaran PKn. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non tes (observasi) dan tes.Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal tes. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model the power of two dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa sesuai dengan indicator kinerja yaitu dengan prosentase hasil belajar mencapai ≥75% dari jumlah siswa pada kelas yang diteliti . Nilai rata-rata hasil belajar siswa kondisi awal 56,11 dengan prosentase ketuntasan 38,89%. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 63,89 dengan prosentase ketuntasan 61,11% dan nilai rata-rata siklus II 72,78 dengan prosentase ketuntasan 88,89%.

Keywords

model belajar The Power Of Two, Pancasila, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.