Peran Guru Dalam Mendisiplinkan Shalat Lima Waktu Berjamaah Peserta didik Kelas VI Di SD Islam NDM Kauman Surakarta Tahun Ajaran 2021/2022
Abstract
SDI NDM Kauman Surakarta merupakan sekolah yang berbasis islam terpadu yang mempunyai program wajib shalat dzuhur dan ashar berjamaah di masjid. Namun dalam kegiatan tersebut masih ada peserta didik yang tidak berdisiplin dalam shalatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru, strategi guru, kendala guru dan solusi guru dalam mendisiplinkan shalat lima waktu berjamaah peserta didik kelas VI di SDI NDM Kauman Surakarta. .Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan dari bulan Desember 2021 sampai Maret 2022. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V sedangkan informan adalah peserta didik kelas VI, kepala sekolah, dan wali murid. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan untuk menganalisis data, tahapan-tahapan yang dilakukan peneliti adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran guru dalam mendisiplinkan shalat lima waktu berjamah peserta didik. (a) peran guru sebagai pendidik yakni membunyikan bel pengeras suara agar peserta didik segera bergegas menuju masjid dan melaksanakan shalat, (b) peran guru sebagai pembimbing yakni melakukan absensi pelaksanaan shalat, (c) peran guru sebagai pelatih yakni bertugas mengatur shaff shalat, (d) peran guru sebagai model teladan yakni guru memberikan contoh disiplin, (e) peran guru sebagai penasihat yakni guru menegur dan menasehati peserta didik yang tidak disiplin.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.