Penggunaan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menentukan Jaring-Jaring Kubus dan Balok pada Siswa Kelas V SD Al Islam 3 Gebang Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2021/2022

Nuraini Nuraini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V semester 2 SD Al Islam 3 Gebang Surakarta tahun pelajaran 2021/2022 pada materi pokok Menentukan Jaring- Jaring Kubus dan Balok melalui pendekatan Kontekstual. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 85% siswa memperoleh nilai ≥70. Hasil penelitian menunjukkan: Untuk siswa tuntas belajar pada tes awal 39,88%, akhir siklus I 48,71% dan akhir siklus II 100%. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menentukan jaring-jaring kubus dan balok pada siswa kelas V SD Al Islam 3 Gebang Surakarta tahun 2021/2022.

Keywords

Model konstekstual, keterampilan, jaring-jaring kubus dan balok.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.