Using Demonstration-Based Media and Project Based Learning in Mathematics Learning to Increase Student Motivation in Class 2 Elementary School Learning

Meilani Listari

Abstract

Penelitian perbaikan pembelajaran ini dilatar belakangi adanya masalah berupa rendahnya minat dan hasil belajar matematika dikarenakan penggunaan metode konvensional yang tidak menarik bagi siswa. Dari  studi pendahuluan didapatkan data bahwa  siswa yang menjadi objek penelitian memiliki  minat belajar matematika dengan kriteria rendah atau dengan persentase 35,71% dan  ketuntasan hasil belajar matematika 64,29% belum mencapai KKM.  Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika dengan penerapan metode Project Basic Learning. Objek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 2 Mulak Sebingkai dengan jumlah 20 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan. Pelaksanaan penelitian perbaikan pembelajaran ini terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahap berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi di tiap siklus. Pada siklus 1 didapatkan hasil belajar matematika siswa meningkat dengan ketuntasan siswa 42,36% dan nilai rata-rata kelas 52,54. Persentase minat belajar siswa juga meningkat menjadi 57,64% atau kriteria sedang. Setelah dilakukan refleksi dan perbaikan pembelajaran pada siklus 2 didapatkan hasil ketuntasan siswa 69,87% dan nilai rata-rata kelas 70,47.Persentase minat belajar siswa juga mengalami peningkatan menjadi 72,65% atau kriteria minat belajar yang tinggi. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode Project Basic Learning mampu meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa pada materi lingkaran.

Keywords

minat belajar, hasil belajar, metode Project Basic Learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.