Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Pembelajaran Model Problem Based Learning

Mastiyesi Mastiyesi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan dilakukan dengan dua siklus.  Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 21 Palembang sebanyak 21 siswa. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes dan kuesioner. Pada penelitian ini Instrumen yang digunakan menggunakan lembar pengamatan, tes soal uraian, dan lembar kuesioner. Analisis data menggunakan statistika deskriptif. Pembelajaran PBL pada penelitian ini melalui beberapa langkah yang meliputi: a. orientasi siswa pada masalah, b. mengorganisasikan siswa untuk belajar c. membantu penelitian mandiri dan kelompok, d. mengembangkan dan menyajikan hasil karya, e. Dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis materi pembagian kelas IV C SD Negeri 21 palembang Tahun Pelajaran 2022/2023 ditempuh dengan menggunakan pembelajaran inovatif Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi  pembagian, hal ini ditunjukkan dari hasil belajar siswa sebelumnya pada kondisi awal sebesar 71,92 meningkat pada siklus I sebesar 77,89 dan pada siklus II meningkat lagi sebesar 90,82. Sedangkan pencapaian KKM yang diperoleh siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal sebesar 62,28%, meningkat pada siklus I sebesar 85,18% dengan KKM 75 dan pada siklus II menjadi 82,14% dengan KKM 80.

Keywords

berpikir kritis; hasil belajar; problem base learning; siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.