Penggunaan Media Jartung Danulang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 SD Muhammadiyah 3 Surakarta

Bibit Wahyono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas 1 SD Muhammadiyah 3 Surakarta dengan menggunakan media jartung danulang. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatiif dan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas 1 C SD Muhammadiyah 1 Surakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Jumlah siswa yakni 20 siswa. Pengumpulan data menggunakan format observasi, soal evaluasi, dan dokumentasi. Data diolah dengan teknik analisis data dan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil yang dicapai yaitu: Siklus I berada pada kategori Cukup dan pada Siklus II hasil belajar siswa pada kategori Sangat baik. Kesimpulan dalam penggunaan media pembelajaran Jartung Danulang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I C SD Muhammadiyah 3 Surakarta. Hasil belajar matematika dengan menggunakan media jartung danulang dari siklus I terdapat peningkatan 30% dan pada siklus II terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 40%.

Keywords

Hasil belajar, Matematika, Media pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.