Innovation Mobile Learning Media Based Socio Scientific Issue (SSI) in Petroleum Material
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh belum ada media pembelajaran mobile learning bermuatan Socio Saintific Issue (SSI) sebagai penunjang proses pembelajaran di SMA N 8 Semarang. Tujuan penelitian ini menghasilkan media pembelajaran mobile learning bermuatan Socio Saintific Issue (SSI) pada materi minyak bumi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D yang diadaptasi dari Thiagarajan yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 3 di SMA N 8 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mobile learning bermuatan Socio Saintific Issue (SSI) mendapatkan kategori valid dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan kategori valid dengan nilai rata-rata validasi 0,82 dan kategori valid oleh ahli media dengan rata-rata validasi 0,84. Hasil respon peserta didik menunjukkan mobile learning mendapatkan kategori sangat layak dengan persentase kelayakan media sebesar 88%.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.