The Role of Learning Facilities, Accountability of Islamic Religious Education (PAI) Teachers on the Role of School Principals by a Climate of Collaboration in Cilegon City Elementary School

Kartini Kartini, Furtasan Ali Yusuf, Umalihayati Umalihayati

Abstract

Inovasi kinerja kepala sekolah perlu melibatkan factor konsituen sekolah seperti fasilitas belajar PAI, dan akuntabilitas guru PAI dan iklim kerjasama. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui factor – factor yang berpengaruh langsung terhadap kinerja kepala sekolah. Desain penelitian ini adalah penelitian kauntitatif melalui pengumpulan jawaban responden. Populasi penelitian adalah para guru PAI baik ASN atau nonasn yang menagjar PAI. Teknik pengambilan sampling menggunakan Teknik random (acak) dan terkumpul 180 jawaban responden. Teknik analisis data menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS), untuk menguji hipotesis. Hasil temuan antara lain kinerja kepala sekolah dapat dipengaruhi oleh akuntabilitas guru PAI, dan iklim kerjasama. selain itu, untuk menciptakan iklim kerjasama perlu ditingkatkan fasilitas belajar PAI. Simpulan, inovasi kinerja kepala sekolah dapat diukur melalui akuntabilitas guru PAI, dan iklim kerjasama yang dipengaruhi oleh factor fasilitas belajar PAI.

Keywords

Fasilitas belajar , Akuntabilitas Guru PAI, Iklim Kerjasama, peran kepala Sekolah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.