Development of Flashcard Media in Learning Science on Animal Life Cycle Material in Class V Elementary School

Fita Permata Sari, Ni’matussaleha Ni’matussaleha

Abstract

Era normal baru dapat ditandai dengan keterbukaan atau globalisasi yang mengakibatkan seseorang dituntut untuk memiliki berbagai jenis keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa. Media pembelajaran menjadi salah satu solusi menarik dalam pembelajaran. Media Flashcard menjadi salah satu pilihan dalam pembelajaran IPA.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan Media Flashcard dalam pembelajaran IPA Materi Daur Hidup Hewan Kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model ADDIE yang dimulai dari tahap Analisys, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi ahli materi, ahli media, dan respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan analisis dari angket yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor ahli materi 3,81; ahli media 3,66; dan respon siswa 24,6 dari seluruh angket yang diberikan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa media flashcard pembelajaran IPA materi daur hidup hewan kelas V sekolah dasar dapat dikategorikan layak dan praktis digunakan.
 

Keywords

Learning Media; Flashcards; Science; Animal Life Cycle

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.