Leadership Transformation Model Involving The School Principal's Social Interaction, Work Environment and Curriculum Changes
Abstract
Tujuan penelitian aalah untuk mengoptimalkan peran mediasi (perubahan kurilukulum dan lingkungan kerja) sebagai predictor pengaruh langsung atau tidak langsung antara interaksi social terhadap transformasional kepemimpinan. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan cara menyebarkan kuesioner (survey) pada guru sekolah dasar dikota Cilegon berjumlah 195 respon dan menguji mediasi dengan alat statistic partial least square (PLS SEM). Hasil penellitian antara lain: (1) ada pengaruh interaksi social terhadap lingkungan kerja; (2) ada pengaruh interaksi social terhadap perubahan kurikulum; (3) ada pengaruh interaksi social terhadap transformasi kepemimpinan; (4) ada pengaruh lingkungan kerja terhadap transformasi kepemimpinan; (5) ada perubahan kurikulum terhadap transformasi kepemimpinan; serta (6) peran mediasi (perubahan kurikulum dan lingkungan kerja) sebagai predictor mampu memediasi variable secara penuh (full mediation). Simpulan penelitian ini yaitu transformasional kepemimpinan pendidikan merupakan transformasi gaya kepemimpinan kepala sekolah yang dipengaruhi oleh interkasi social, perubahan kurikulum dan lingkungan kerja.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.