Assistance in Creating Scientific Based Pop Up Book Learning Media for Elementary Teachers
Abstract
Pendampingan pembuatan media pop up book berbasis saintifik bagi guru sekolah dasar bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang media pembelajaran, media pembelajaran berbasis saintifik, dan keterampilan dalam pembuatan media pop up book berbasis saintifik. Metode yang digunakan adalah observasional dan modelling dengan empat fase, yaitu: fase perhatian, fase retensi, fase reproduksi, dan fase motivasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan penyebaran angket. Hasil kegiatan pendampingan menunjukkan peningkatan, yakni: (1) pemahaman guru tentang media pembelajaran dengan rata-rata pretest sebesar 80,84 dan posttest sebesar 92,85; (2) pemahaman tentang media pembelajaran berbasis saintifik dengan rata-rata pretest sebesar 80,67 dan posttest sebesar 95,33, dan (3) keterampilan guru dalam pembuatan media pop up book berbasis saintifik dengan rata-rata pretest sebesar 70,22 dan posttest sebesar 89,92. Simpulan dari artikel ini adalah pendampingan pembuatan media pop up book berbasis saintifik dapat meningkatkan pemahaman tentang media pembelajaran, media pembelajaran berbasis saintifik, dan keterampilan dalam pembuatan media pop up book berbasis saintifik.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.