Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Padarek III

Teny Okty Handayani, Murwani Dewi Wijayanti, Kartika Chrysti Suryandari

Abstract

IPA merupakan Ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang alam semesta beserta isinya oleh karena itu IPA sangat penting untuk di pelajari sama seperti  literasi sains dalam IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan literasi sains dan kemampuan kognitif siswa kelas V SD Negeri Padarek III Majalengka.  SD Negeri Padarek III merupakan pendidikan formal dasar bagi siswa untuk mendapatkan pembelajaran sains dan mengenal apa yang dimaksud dengan sains dalam pembelajaran. Sains merupakan ilmu yang berhubungan dengan alam yang di perkenalkan kepada siswa sejak usia dini. Penelitian ini memiliki sampel siswa di SD sebanyak 25 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa literasi sains dan kognitif pada siswa kelas V SD Negeri Padarek III Majalengka masih rendah yaitu pada tahun 2023 hanya terdapat 32% siswa kelas V yang memiliki kemampuan literasi sains. Rendahnya literasi sains dan kognitif, disebabkan siswa cenderung belum memahami konsep-konsep sains dan kognitif secara benar. Siswa memiliki latar belakang yang masih minim dalam pengetahuan IPA, terutama dalam literasi sains. Siswa juga terkendala oleh faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi dalam kemampuan literasi sains.

Keywords

Kemampuan Literasi Sains, Literasi Sains, Profil.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.