Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Risma Rahmawati

Abstract

Pembelajaran diferensiasi merupakan metode yang dapat digunakan untuk memfasilitasi perbedaan karakteristik peserta didik dalam pembelajaran. Tujuan dari artikel ini yaitu: (1) mendeskripsikan strategi yang diperlukan dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kurikulum merdeka, dan (2) mengidetifikasi faktor yang menyebabkan guru mengalami kesulitan dalam implementasi pembelajaran berdiferesiasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi pustaka dengan tahapan: (1) menyiapkan referensi yang sesuai dengan topik, (2) membaca dan memahami referensi, (3) mengkaji dan merangkum referesi, dan (4) menyajikan dalam bentuk tulisan. Hasil dari artikel ini yaitu: (1)  implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka dapat dilaksanakan melalui tiga strategi yang meliputi diferensiasi proses, produk, dan konten; (2) terdapat faktor yang menyebabkan guru megalami kesulitan dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi, yaitu: (a) pembelajaran berdiferensiasi memerlukan waktu yang cukup, (b) guru merasa harus mempersiapkan kegiatan berbeda untuk peserta didik, (c) guru tidak siap dalam membuat rencana dan modul pembelajaran, dan (d) guru merasa belum siap melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi. Dengan demikian, masih terdapat kesulitan guru dalam pembelajaran berdiferensiasi meskipun sudah terdapat strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat diterapkan.

Keywords

Pembelajaran Berdiferensiasi, Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi, Faktor Penyebab Kesulitan Implementasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.