Model Pembelajaran PJBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan Pengembangan Pembelajaran Tematik
Abstract
Model pembelajaran PjBL merupakan model pembelajaran yang memusatkan mahasiswa pada suatu proyek. Tujuan dari artikel ini adalah mengkaji literatur mengenai model pembelajaran PjBL dalam upaya meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Metode yang digunakan adalah analisis kajian literatur. Prosedur dalam penelitian ini ada empat tahapan dalam membuat literatur review, yaitu (1) memilih topik yang akan direview, (2) melacak dan memilih artikel yang cocok/relevan, (3) melakukan analisis dan sintesis literatur dan (4) mengorganisasi penulisan review. Hasil penelitian ini adalah kajian literatur mengenai model PjBL. Langkah-langkah model PjBL adalah sebagai berikut: (1) penentuan pertanyaan mendasar (start with the essential question), (2) mendesain perencanaan proyek (design a plan for the project), (3) menyusun jadwal (create a schedule), (4) memonitor siswa dan kemajuan proyek (monitor the students and the progress of the project), (5) menguji hasil (assess the outcome) dan (6) mengevaluasi pengalaman (evaluate the experience). Hasil belajar mahasiswa dinilai dari proyek yang mereka kerjakan. Dengan diterapkan model PjBL pada perkuliahan pengembangan pembelajaran tematik diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Simpulan dari penelitian ini adalah model PjBL sangat relevan diterapkan pada mata kuliah pengembangan pembelajaran tematik.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.