Preparation of HOTS-Based Learning Tools as Teacher Competency Development

Dwi Murtopo, Winarno Winarno, Idam Ragil Widianto Atmojo

Abstract

Menyusun perangkat pembelajaran yang berbasis HOTS merupakan salah satu cara untuk mengembangkan kompetensi guru dalam hal menyiapkan pembelajaran agar peserta didik dapat menguasai keterampilan berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tujuan penelitian ini adalah agar mengetahui pentingnya penyusunan perangkat pembelajaran berbasis HOTS sebagai upaya mengembangan kompetensi guru. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau library research. Sebelum melakukan telaah bahan pustaka, peneliti harus mengetahui terlebih dahulu secara pasti tentang dari sumber mana informasi ilmiah itu akan diperoleh. Beberapa sumber yang digunakan antara lain: buku teks, jurnal ilmiah, referensi statistik, hasil-hasil penelitian dalam bentuk skripsi, tesis, desertasi, dan internet, serta sumber-sumber lainnya yang relevan. Hasil kajian pustaka dari berbagai sumber mengenai perangkat pembelajaran berbasis HOTS diperoleh bahwa: a) perangkat pembelajaran yang biasa dibuat oleh guru belum memasukkan unsur keterampilan HOTS di dalamnya; b) pengembangan keterampilan HOTS di dalam perangkat pembelajaran akan memberikan dampak positif kepada peserta didik; dan c) kompetensi guru perlu untuk ditingkatkan terus salah satunya dengan cara menyusun perangkat pembelajaran berbasis HOTS. Simpulan dari kajian di atas bahwa penyusunan perangkat pembelajaran berbasis HOTS memberikan dampak positif kepada peserta didik dan kompetensi guru.

 

Keywords

Perangkat Pembelajaran, HOTS, Kompetensi Guru

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.